Budidaya Anggur Merah Tabulampot

Buah anggur adalah salah satu tanaman yang batangnya merambat. Buah ini memiliki rasa yang manis, berbentuk butir bulat seukuran kelereng tapi sedikit lebih besar untuk jenis anggur merah, dan buahnya jika sudah matang akan berwarna merah, ketika masih mentah berwarna hijau muda. Buah ini biasanya di makan langsung atau bisa juga di buat menjadi minuman seperti jus atau untuk bahan campuran makanan lainnya. Di luar negeri buah ini juga biasa diolah menjadi kismis. Kismis adalah anggur yang di keringkan, rasanya campuran manis dan asam.
Jika anda tertarik dengan buah ini dan ingin menanamnya di pekarangan anda atau di area dekat rumah anda, tidak perlu bingung karna tidak tahu cara membudidayakannya, pada kesempatan kali ini kami akan membagikan tips dan cara Budidaya Anggur Merah Tabulampot, berikut informasinya.

Cara Budidaya Anggur Merah
Beberapa persiapan harus di laksanakan dan di penuhi terlebih dahulu, beberapa persiapan tersebut adalah sebagai berikut :

1. Bibit Anggur Merah
Siapkan bibit anggur merah yang kira-kira sudah berumur sekitar 2 bulan, karena bibit yang sudah berumur 2 bulanan akarnya sudah cukup kokoh. Kemudian pilih yang bertunas, paling tidak sudah bertunas 2, bibit bisa di peroleh dari penyedia/penjual bibit tanaman buah dan bunga.

2. Langkah Menanam
Langkah pertama untuk menanam di media pot adalah dengan memilih pot yang tepat, entah dari segi bahan maupun ukuran pot tersebut. Untuk anggur sendiri jenis pot yang cocok adalah jenis pot yang terbuat dari tanah, karena pot yang terbuat dari tanah memiliki pori-pori di bagian bawahnya yang memungkinkan dapat melancarkan sirkulasi air dalam pot, sehingga tanaman terhindar dari gejala kelebihan air. Pilih pot yang berukuran diameter 50 cm untuk ukuran ideal, bisa juga pilih yang lebih besar jika tampatnya memunginkan.

Langkah selanjutnya adalah memilih media tanam. Media tanam yang digunakan untuk menanam anggur adalah campuran pasir dan juga pupuk kandang. Alasannya pasir karna mudah menyerap air dan akar akan lebih cepat tumbuh dan menjalar, karena karakter pasir adalah selalu gembur.

Proses penanaman anggur dalam pot pertama adalah masukkan terlebih dahulu batu bata yang sudah dipecah menjadi bagian-bagian kecil lalu letakkan ke dasar pot. Kemudian masukkan media tanam dalam pot yang sudah di dasari baru bata di dalamnya. Pengisian media tanam sementara cukup sampai 3/4 bagian pot, lalu siapkan bibit, jika ada pada polybag maka pisahkan dahulu bibit dengan polybag tersebut.

Setelah bibit siap, letakkan bibit di atas media tanam yang sudah ada dalam pot, selanjutnya timbun kembali bibit anggur dengan sisa media tanam hingga memenuhi volume pot, jangan di padatkan. Siram bibit hingga menggenangi seluruh media tanam, nanti akan tampak penyusutan ketinggian media tanam.

Terakhir , untuk perawatan rutinnya adalah siram bibit setidaknya 1x sehari, lebih baik lakukan 2x sehari, perhatikan semaiaan tunas baru pada bibit tersebut, jika sudah muncul tunas baru tunggu hingga tunas berumur 1 minggu, lalu mulai berikan pupuk kimia cair untuk merangsang daun, kemudian jika kondisi daun sudah prima, maka fokuskan perawatan pada batang dan akar, antisipasi jamur dengan fungisida, karna biasanya jamur sering menyerang batang dan akar, setelah rangkaian batang pohon sudah prima barulah tambahkan perangsang buah untuk menunjang tanaman cepat berbuah.

Komentar